apotek di dapur kita

TRIBUNNEWS.COM – Jangan selalu jadikan obat sebagai jalan keluar. Mari atasi keluhan-keluhan minor dengan menggunakan bahan alami yang ada di rumah kita. Yuk, jadikan dapur kita sebagai `apotek’ sehat yang sedia 24 jam untuk anda sekeluarga.

Garam untuk menjaga kesehatan kaki.
Air larutan garam mampu membuat kaki kita terbebas dari jamur, mengurangi produksi keringat berlebih, dan melembutkan kulit sehingga obat anti-jamur bisa meresap lebih optimal. Caranya, larutan 2 sendok teh  garam ke dalam air hangat, lalu rendamlah kedua kaki kita selama 5-10 menit, saran Suzanne M.Levine, DPM, ahli bedah podiatric.

Lemon untuk mengurangi tanda-tanda penuaan.

Potong lemon menjadi beberapa irisan, dan letakkan langsung pada bagian yang mengalami tanda-tanda penuaan selama 10-15 menit setiap hari, ujar Audrey Kunin, MD, ahli dermatolog kosmetik di Kansas City, Missouri. Sebab asam yang terkandung dalam jus lemon segar mampu menyamarkan vlek cokelat yang ada di kulit. Tapi perlu diingat bahwa hasil tidak bisa kita lihat dalam sekejap semalam. Biasanya kita baru bisa melihat perbedaannya dalam jangka waktu 6-12 minggu. Tapi berhati-hatilah, penggunaan secara berlebih bisa menyebabkan lapisan terluar kulit akan terkelupas.

Madu untuk mengatasi luka potong atau tergores.

Pemanis alami ini mengandung 3 komponen penyembuh luka yang ampuh : gula yang bertugas menyerap kelembaban agar bakteri mati, hidrogen peroksida sebagai disinfektan, dan zat madu bunga alami yang mampu membunuh bakteri. Bonus lainnya, madu kering bisa dijadikan plester luka yang alami.

Minyak zaitun untuk mengatasi eksim.

Karena sudah dikemas dengan antioksidan pereda peradangan, maka minyak zaitun sering digunakan sebagai bahan dasar dari banyak pelembab. Jika digunakan sendiri, produk alami bisa menjadi pelembab kulit yang aman dan bebas iritasi. Jadi, oleskan 1 sendok teh madu secara merata langsung pada bagian kulit yang terinfeksi. Cara ini bisa melindungi kulit dan membuatnya terhindar dari kekeringan dan pecah-pecah. Untuk masalah yang lebih serius, kita bisa membungkus kulit yang sudah diolesk minyak zaitun dengan plastik sepanjang malam.

Susu untuk mengatasi kecemasan.
Tenangkan diri sebelum tidur dengan menyeruput segelas susu hangat. Bernard Vittone, MD, psikiater dan pendiri The National Center of the Treatment of Phobias, Anxiety, and Depression di Washington, DC, juga mempercayai cara simpel ini benar-benar mampu membantu kita mengatasi kecemasan. Susu mengandung asam amino triptofan yang bisa memberikan efek relaksasi.

Cuka apel untuk mengatasi memar.
Cuka jenis ini merupakan bahan alami anti peradangan yang sangat ampuh. Jika kita mengalami luka memar, kita bisa mengatasi dengan mencelupkan sedikit korek kuping ke dalam cuka apel dan oleskan langsung ke bagian yang memar. Atau kita bisa mencampurkan cuka apel dengan telur putih atau petroleum jelly, untuk dijadikan salep anti memar yang bisa kita oleskan segera.

Teh Chamomile untuk mengatasi kapalan.

Apabila kaki kita rentan mengalami kapalan, merendam kaki di dalam larutan teh chamomile. Teh akan membantu kita untuk menenangkan dan melembutkan kulit yang keras. Plus, cairan teh ini bisa menghilangkan  kotoran pada kaki. Agaran kotoran cepat hilang, gunakan bantuan sabun dan air.

Soda kue untuk mengatasi infeksi saluran kemih.
Produk dapur satu ini bisa membuat kandung kemih tetap basa hingga bisa mencegah para bakteri dari berkembang biak, kata Larrian Gillespie, MD, ahli urolog. Ketika gejala datang, minumlah air yang merupakan campuran ¼ sendok teh soda dengan 250 ml air putih. Kemudian, lanjutkan dengan dosis satu kali sehari. Jika keadaan tidak membaik segeralah hubungi dokter agar diberikan obat antibiotik.

Jahe untuk mengatasi sakit perut.

Rempah satu ini terkenal sebagai obat penenang perut yang mujarab. Seperti mengatasi masalah-masalah penceranan, termasuk mabuk perjalanan dan morning sickness saat masa kehamilan. Untuk dibuat teh, masukkan 1 sendok parutan jahe segar ke dalam air panas dan diamkan selama 10 menit, lalu saring. (prevention.com)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s