BI Targetkan 500.000 Wirausahawan Baru

Jakarta, GATRAnews – Bank Indonesia (BI) menargetkan kelahiran sekitar 500.000 wirausahawan nasional baru, pada 2015.

“Pada 2015 ditargetkan ada sekitar 500.000 wirausahawan baru, sehingga pada 2025 jumlahnya bisa mencapai sekitar lima juta wirausahawan,” kata Gubernur BI Darmin Nasution, pada acara pembukaan Global Entrepreneurship Week di Jakarta, Senin (12/11).

Menurut Darmin, pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam lima tahun ke belakang tergolong stabil. Pertumbuhan yang stabil itu didukung oleh pertumbuhan konsumsi masyarakat yang relatif tinggi.

“Pertumbuhan konsumsi ini, bisa dimanfaatkan atau tidak oleh wirausahawan,” kata dia. Apalagi, menurut Darmin, dalam tiga tahun terakhir penanaman modal asing mayoritas ditujukan untuk memenuhi pasar dalam negeri.

“Bukan untuk ekspor karena ekonomi dunia sedang melambat,” kata dia, sebagaimana dilaporkan Antara.

Bank Indonesia juga mendorong perusahaan-perusahaan yang memiliki program Corporate Social Responsibility (CSR) untuk membuat kegiatan sosial yang ditujukan untuk melahirkan wirausahwan baru dan memberikan pendidikan keterampilan yang relevan.

Meski terhambat dalam bidang infrastruktur, membangkitkan wirausaha nasional ditambah pendidikan keterampilan berwirausaha juga tak kalah penting.

“Walau secara kasat mata, memang lebih banyak kekurangan infrastruktur,” kata dia.

Kampanye Global Entrepreneurship Week diikuti oleh sekitar 125 negara di dunia. Keikutsertaan Indonesia dalam kampanye itu menunjukkan bahwa pemerintah bersungguh-sungguh untuk membangkitkan semangat wirausaha di kalangan muda Tanah Air.

Sumber :

http://www.gatra.com/ekonomi/20756-bi-targetkan-500-000-wirausahawan-baru.html

Analisis :

Menurut saya target sebanyak 500.000 wirausahawan baru harus benar-benar terjadi dan direalisasikan. Bukan hanya menjadi sekedar targer semata. Banyak hal yang harus dilakukan untuk melahirkan wirausahawan di Indonesia. Memang bukan perkara mudah untuk mencapai target tersebut. Ada beberapa langkah yang bisa ditempuh, salah satunya adalah dengan menumbuhkembangkan jumlah UMKM yang ada di Indonesia. Melalui berbagai program, pemerintah bisa mendorong lahirnya para wirausahawan baru yang diharapkan mampu menggerakkan roda perekonomian. Hanya kemampuan wirausaha yang bisa mempercepat bangsa ini dalam menyelesaikan masalah kemiskinan dan pengangguran yang semakin meningkat. Usaha BI untuk mendorong tumbuhnya wirausaha di tanah air perlu dukungan pemerintah dan juga masyarakat agar misinya bisa berhasil dan juga targetnya bisa tercapai.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s