Dana Pensiun PNS Capai Rp75 Triliun di 2013

JAKARTA – Dana pensiun dalam APBN tercatat sebesar Rp75 triliun pada tahun 2013. Hal tersebut dinilai terlalu besar karena hampir delapan persen dari belanja pegawai itu adalah dana pensiun, selain itu perlu evaluasi kembali bersama menteri keuangan.

Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua Badan Anggaran Tamsil Linrung, anggaran tersebut dinilai terlalu besar untuk perlu dilakukan evaluasi kembali bersama kementerian keuangan.

“Perlu ada penghematan, karena hampir 8 persen dari belanja pegawai itu adalah dana pensiun, selain itu perlu adanya pengecekan kembali terhadap penerima dana pensiunan tersebut, karena kita butuh data base yang valid,” katanya di Jakarta, Selasa (13/11/2012).

Tamsil menambahkan, bahwa dengan adanya kebijakan reformasi dan renumerasi membuat belanja pegawai meningkat dari tahun ke tahun termasuk dana pensiun.

“Setiap kementerian dan lembaga itu kan memakai sistem remunerasi dan reformasi, jadi tidak bisa dipungkiri lagi bahwa belanja pegawai terus meningkat setiap tahun,” tambahnya.

Usulan BPK tentang belanja pegawai harus dipotong 40 persen menjadi pertimbangan buat kami, namun untuk saat ini butuh penghematan sekitar 18 persen. “Untuk saat ini masih kami evaluasi,  bila nantinya ada perubahan, maka kami akan terus konsultasi bersama kementerian keuangan,” jelas Tamsil.

Sumber :

http://economy.okezone.com/read/2012/11/13/20/717977/dana-pensiun-pns-capai-rp75-triliun-di-2013

Analisis :        

Saya rasa dana APBN untuk dana pensiun sebesar Rp 75 Triliun terlalu besar. Penggunaan dan APBN seharusnya bisa dihemat lagi. Jangan terlalu boros untuk mengucurkan dana APBN. Masih banyak yang harus diperbaiki di negeri ini dengan menggunakan dana APBN. Seperti penanggulangan kemiskinan dan perbaikan sistem pendidikan. APBN harus dipergunakan secara bijak dan aliran dananya harus jelas. Jangan sampai terjadi penyimpangan-penyimpangan. Dana sebesar Rp 75 Triliun saya rasa masih bisa dipangkas. Hasil pemangkasan tersebut bertujuan demi kebaikan negara juga. Jangan sampai dana APBN menjadi defisit dikarenakan pemborosan- pemborosan yang terjadi, seperti salah satu rencana dana pensiun sebesar Rp 75 Triliun untuk tahun 2013 ini.

One thought on “Dana Pensiun PNS Capai Rp75 Triliun di 2013

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s