Ekonomi Global Untungkan Pedagang Valas

INILAH.COM, Jakarta – Asosiasi Pedagang Valuta Asing (APVA) Indonesia menilai kondisi perekonomian global yang melambat justru menguntungkan prospek bisnis pedagang valas di tanah air.

Hal ini mengingat banyaknya arus investasi yang beralih ke Indonesia sebagai suatu peluang positif bagi industri perdagangan valas.

“Justru ini menguntungkan bagi kita karena kita tahu dengan pertumbuhan Indonesia saat ini yang signifikan dari pada negara-negar lain banyak negara yang ingin berinvestasi di Indonesia, ini potensi bagus bagi industri valas,” ujar Pengurus APVA Indonesia, Idrus Muhamad dalam acara Munas V APVA Indonesia di Jakarta, Rabu (14/11/2012).

Idrus menilai, kebijakan moneter Indonesia saat ini benar-benar luar biasa. Strategi menekan rupiah, instrumen-instrumen finansial yang diciptakan, kemudian kolabarasi dengan kebijakan fiskal, ungkap Idrus menjadi Indonesia tetap bisa bertahan dan bergerak stabil di tengah gejolak ekonomi saat ini.

“Entah ini gagasan kebijakan moneter siapa, luar biasa saya lihat saat ini, terlepas dari gejolak buruh-pengusaha yang memang tidak bisa digeneralisir ya, tapi perekonomian kita masih sangat menarik dalam ekonomi global,” kata salah satu ketua HIPMI Jabar ini.

Ia mengambil contoh strategi BI yang menekan laju rupiah dari penguatan, strategi yang diambil karena melihat kenyataan ekspor yang masih rendah dinilainya menjadi poin penting kebijakan radikal BI. “Itu kan seperti yang dikasih tahu BI supaya rupiah ditekan karena melihat ekspor kita yang rendah, hebat kan,” ucapnya.

Sumber :

http://ekonomi.inilah.com/read/detail/1926822/ekonomi-global-untungkan-pedagang-valas

Analisis :

Ekonomi dunia saat ini memang tidak stabil. Hal ini berbanding terbalik dengan perekonomian Indonesia yang sedang membaik di tahun 2012. Banyak sekali negara-negara dari luar yang senang berinvestasi di tanah air dikarenakan hal tersebut. Hal ini merupakan kabar gembira bagi negeri ini. Bagaimana tidak, transaksi valas akan sering terjadi seiring bertambahnya jumlah invetasi di Indonesia. Dalam hal ini pedagang valas sangat diuntungkan. Tentu saja tidak sedikit keuntungan yang mereka dapatkan. Semakin banyak investor yang berinvestasi di Indonesia semakin besar pula keuntungan yang akan diraih oleh pedagang valas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s