Konsumsi Masyarakat dan Infrastruktur Tarik Minat Investor

Saat ini Indonesia menjadi salah satu negara tujuan investasi dunia karena didukung faktor dari dalam dan luar negeri

Tingginya angka konsumsi masyarakat dan rencana pembangunan infrastruktur dalam 5 hingga 10 tahun ke depan, dinilai menjadi faktor yang menarik minat investor.

Kepala Ekonom Standard Chartered Bank, Fauzi Ichsan menjelaskan, saat ini Indonesia menjadi salah satu negara tujuan investasi dunia karena didukung faktor dari dalam dan luar negeri. Selain kedua faktor tersebut, tingkat sukubunga bank yang tinggi juga dinilai berkontribusi terhadap laju investasi.

“Faktor lokalnya adalah, ya, kombinasi konsumsi domestik, komoditas dan pembangunan infrastruktur dalam 5-10 tahun ke depan,” tutur Fauzi, di gedung Bank Indonesia, Jakarta, hari ini.

Sedangkan faktor globalnya, kata Fauzi, adalah pertumbuhan ekonomi global yang kini melambat, sementara pertumbuhan ekonomi RI masih tetap kuat.

“Ya, otomatis dana investor akan pindah ke negara yang pertumbuhan ekonominya relatif pesat dan sukubunganya relatif tinggi, (yaitu) Indonesia,” imbuhnya.

Sementara itu, Fauzi mengatakan bahwa pertumbuhan yang cukup tinggi juga disokong oleh kebijakan moneter yang juga baik. Namun dia mengklaim kebijakan moneter yang dilakukan Bank Indonesia termasuk yang nyaris bebas kritik, karena kondisi makro ekonomi yang bagus.

“Karena inflasi rendah, kurs dolar akhir-akhir ini stabil, otomatis kritik terhadap kebijakan BI bisa dibilang minimal,” imbuhnya.

Fauzi juga berpendapat, BI harus mengubah arah kebijakan dengan menaikkan sukubunganya, apabila terjadi kebijakan atau hal yang memengaruhi kondisi ekonomi makro, seperti apabila pemerintah menaikkan harga BBM bersubsidi atau terjadi krisis finansial global.

Sumber :

http://www.beritasatu.com/ekonomi/82831-konsumsi-masyarakat-dan-infrastruktur-tarik-minat-investor.html

Analisis :

Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun ini cukup stabil. Jadi, wajar saja banyak investor asing yang hendak berinvestasi di tanah air. Melimpahnya kekayaan alam, maraknya pembangunan infrastruktur untuk beberapa tahun kedepan, dan juga banyaknya konsumen di Indonesia merupakan faktor utama yang membuat investor mau menanamkan modalnya di tanah air. Derasnya arus investasi di negeri ini harus bisa dimanfaatkan dengan baik oleh pemerintah dan pihak swasta. Dana yang ditanamkan dapat digunakan untuk memajukan perekonomian negara ini. Semakin besar investor yang menanamkan modal di Indonesia, akan semakin besar pula peluang tanah air untuk bisa menjadi negara yang maju dari segi perekonomiannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s