PARIWISATA RI: Target Jaring Wisman 9 Juta Orang Sulit Tercapai

JAKARTA—Target wisatawan mancanegara sebanyak 9 juta orang pada 2013 terancam meleset karena kondisi ekonomi global yang masih tertekan.

Kondisi ekonomi sejumlah pasar utama wisatawan mancanegara (wisman) seperti Amerika Serikat dan Eropa, diprediksi masih terkontraksi pada tahun depan.

Wakil Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) DPD Jakarta Rudiana mengatakan kunjungan turis asing pada tahun depan kemungkinan hanya tumbuh tipis. Pada tahun ini, pemerintah menargetkan kunjungan wisman mencapai 8 juta orang.

“Kami melihat kemungkinannya akan stagnan, menjadi 8,1 juta orang atau 8,2 juta orang. Memang berat mencapai 9 juta orang, walaupun kesempatannya tetap ada,” katanya kepada Bisnis, hari ini (9/11).

Dia mengatakan perlu sejumlah terobosan agar industri pariwisata dalam negeri tetap tumbuh di tengah kondisi global yang masih bergejolak. Salah satu solusinya adalah memacu pertumbuhan wisatawan nusantara, baik untuk perjalanan domestik maupun internasional.

Reza Novaldy, Direktur PT Tama Putera Wisata mengatakan pelaku industri pariwisata harus mampu memaksimalkan pasar Asia Pasifik untuk mengantisipasi kontraksi pasar pariwisata pada tahun depan.

Menurutnya, lima negara Asia Pasifik yang berpotensi untuk dikembangkan adalah Singapura, Malaysia, Australia, Jepang, dan China. Hal itu didorong oleh pertumbuhan ekonomi yang relatif di sejumlah negara tersebut.

Sumber :

http://www.bisnis.com/articles/pariwisata-ri-target-jaring-wisman-9-juta-orang-sulit-tercapai

Analisis :

Pariwisata merupakan sektor penting di Indonesia dan juga merupakan sektor riil yang harus dikembangkan. Kekayaan alam dan budaya adalah komponen terpenting dalam pariwisata di negeri ini. Pesona alam yang dimiliki Indonesia seharusnya dapat menjadikan negeri ini sebagai salah satu tujuan pariwisata oleh wisatawan mancanegara. Target wisman sebanyak 9 juta orang seharusnya bisa dicapai dengan mudah mengingat banyak sekali tempat wisata yang bisa ditonjolkan seperti Bali, Yogyakarta, Lombok, dll. Banyak upaya yang bisa dilakukan oleh pemerintah untuk memajukan sektor pariwisata tanah air, mulai dari pembangunan infrastruktur sampai kegiatan promosi. Pembangunan sektor pariwisata amatlah penting karena dapat menciptakan lapangan pekerjaan, serta mendorong pemerintah daerah dalam membangun dan memelihara infrastruktur sehingga kualitas hidup masyrakat setempat juga meningkat.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s