Pemerintah Perlu Dongkrak Nilai Ekonomi Ubi Jalar Papua

Ubi jalar bisa diolah menjadi makanan kemasan seperti mie dan biskuit yang dikonsumsi pelajar di sekolah.

JAKARTA, Jaringnews.com – Pemerintah perlu melakukan sejumlah hal untuk menaikkan nilai ekonomi ubi jalar di Papua. Sebab, di Papua sebenarnya sudah ada sistem ekonomi ubi jalar yang bisa dimanfaatkan untuk hal tersebut.

“Sistem nenggi-kenggi tersebut mencakup dari hulu sampai hilir saat ubi jalar sampai di meja makan,” kata Programme Assistant Levelihood Oxfam, Kiloner Wenda, dalam diskusi buku Ubi Jalar Si Manis Pemberi Kehidupan, di Jakarta hari ini.

Kiloner mengatakan bahwa dengan pengembangan tertentu, ubi jalar sebenarnya bisa menjadi energi alternatif. Juga menjadi sumber pendapatan yang berarti bagi masyarakat Papua. “Jadi, sesungguhnya ubi jalar bisa memiliki nilai pasar ataupun ekonomi yang berkelanjutan,” ia menjelaskan.

Kini di Papua, ia menambahkan ada kurang-lebih 257 jenis ubi jalar. Dan ini sangat variatif.

Ucap dia pula, melalui teknologi masa kini, ubi jalar bisa diolah menjadi makanan kemasan seperti mie dan biskuit yang dikonsumsi pelajar di sekolah.

Pemerintah pun perlu menyertifikasi lahan ubi jalar di Papua. Pun, perlu memberikan pelatihan manajemen usaha, manajemen pemasaran dan manajemen keuangan. “Kualitas jalan dan transportasi pun perlu diperhatikan. Di kampung-kampung di Papua, produksi tinggi tapi tidak bisa diangkut ke lain tempat karena persoalan infrastruktur,” kata dia.

Yang lucu, kata dia, saat ini ubi jalar di Papua justru dianggap sebagai simbol kemiskinan, kebodohan, dan keterbelakangan. Itu adalah hal yang sebenarnya kurang tepat. Sebab, sejak lama, bagi masyarakat Papua ubi jalar mengandung nilai spiritual, perdamaian, sejarah, dan menjadi tulang punggung mata pencarian.

Sumber:

http://jaringnews.com/ekonomi/sektor-riil/27542/pemerintah-perlu-dongkrak-nilai-ekonomi-ubi-jalar-papua

Analisis :

Salah satu dari jenis hasil pertanian Indonesia yang berasal dari papua adalah ubi jalar. Menurut saya, ubi jalar itu merupakan komoditas yang cukup penting. Banyak sekali makanan yang bisa dibuat dari ubi jalar. Saya setuju dengan pendapat Kiloner yang mengatakan bahwa ubi jalr itu bisa dikembangkan. Dengan berlimpahnya hasil panen ubi jalar di Papua dan dengan tersedianya lebih dari 257 jenis ubi jalar Papua seharusnya pemerintah bisa melihat peluang yang dihasilkan. Saya rasa pemerintah bisa mengambil langkah dengan mendirikan perusahaan pengelola ubi jalar. Dengan mendirikan perusahaan tesebut, maka banyak tenaga kerja yang bisa diserap dan yang tidak kalah pentingnya adalah nilai ekonomi ubi jalar Papua dapat meningkat dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s