Sifat dalam Softskill

Apa itu softskill?

index

Softskill adalah keterampilan yang digunakan dalam berhubungan dan bekerjasama dengan orang lain.

Salah satu sifat dalam softskill yang harus dimiliki dan dikembangkan adalah kemampuan berkomunikasi.

Pengertian Komunikasi

Komunikasi adalah pengalihan suatu pesan dari satu sumber kepada penerima agar dapat dipahami. (Prof. Dr. Alo Liliweri Dasar-dasar Komunikasi Kesehatan, 2003, hal 4)

Komunikasi adalah seni untuk menyampaikan informasi, ide-ide, seseorang kepada orang lain. (Djenamar. SH, Komunikasi dan pidato, 1986, hal 2)

Komunikasi merupakan suatu komunikaso untuk membangun dan mempertahankan hubungan interpersonal. (Markman, 1981 : Murphy & Mendelson. 1973 )

Dari beberapa definisi diatas, dapat disimpulkan bahwa komunikasi adalah pengalihan pesan berupa informasi dan ide dari suatu sumber kepada penerima  untuk membangun dan mempertahankan hubungan interpersonal.

komunikasi

Mengapa KOMUNIKASI sangat penting?

Komunikasi menjadi sangat penting karena seseorang pasti melakukannya dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa komunikasi manusia akan sulit untuk berinteraksi satu dengan yang lainnya. Tentu saja komunikasi tersebut akan berjalan efektif jika dilakukan dengan baik dan benar. Kemampuan berkomunikasi dengan baik (komunikatif) adalah hal yang penting dalam kehidupan sehari-hari seorang manusia.

Yang tidak kalah pentingnya saat berkomunikasi adalah keterampilan mendengarkan dan bertanya. Dalam proses komunikasi, seseorang harus mempu mendengarkan dengan baik apa yang dikomunikasikan dan juga memahaminya. Kemudian mengajukan pertanyaan yang memiliki keterkaitan dengan hal tersebut untuk mengarah pada suatu solusi.

Berkomunikasi yang baik merupakan sebuah keahlian, jadi kemampuan berkomunikasi merupakan sesuatu yang bisa dilatih dan dikembangkan. Seseorang yang tidak pernah berbicara didepan umum ataupun seseorang yang pemalu sebenarnya dapat melatih dirinya jika memiliki kemauan yang keras untuk dapat menjadi komunikator yang baik.

Beberapa contoh komunikasi yang efektif :

1. Berbicara dengan jelas dan santun

index2

Seseorang dikatakan terampil berkomunikasi ketika apa yang disampaikan oleh orang tersebut mudah dimengerti oleh orang lain.

2. Mendengarkan dengan baik lawan bicara

Kartun anak

Seseorang jangan hanya mau didengarkan saja tetapi juga harus mau mendengarkan orang lain saat mereka berbicara.

3.  Bertanya

angkat tangan

Jangan malu untuk bertanya jika ada hal-hal yang tidak jelas dan perlu untuk dipertanyakan.

4. Tersenyum dan Berjabat Tangan

images3

Tersenyum akan membuat sebuah komunikasi akan menjadi lebih indah dan berjabat tangan membuat hubungan diantara pembicara dan pendengar menjadi lebih dekat.

Menjadi komunikator yang baik bukan karena bakat pribadi, namun merupakan sebuah keahlian yang dapat dilatih sejak dini. Oleh sebab itu, mulai dari sekarang kita harus melatih dirik ita agar dapat berkomunikasi dengan baik dan efektif baik di lingkungan masyarakat, di sekolah, maupun di tempat kerja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s