Kecanduan Teknologi Bisa Jadi Racun

Fall color tour to Ouray, CO.

Tidak bisa dipungkiri bahwa teknologi saat ini sudah sangat maju. Hal ini bisa dilihat dari munculnya berbagai macam jenis telepon genggam,  komputer, televisi, dan benda-benda canggih lainnya.

Teknologi tersebut sangat membantu pekerjaan manusia, dari berkomunikasi, penyampaian informasi, sarana hiburan, dll. Bayangkan apabila saat ini tidak ada teknologi seperti itu, Apa yang akan terjadi?

Saat ini teknologi sudah menjadi kebutuhan pokok manusia. Kita tidak bisa terlepas dari teknologi karena hidup tanpa teknologi  bagaikan hidup di zaman manusia batu.

Kalangan masyarakat saat ini terutama anak muda sebagian besar memanfaatkan teknologi hanya untuk hiburan semata, seperti bermain game online, terjun ke dunia maya, dll.

Disamping dampak positif yang diberikan dengan munculnya berbagai macam teknologi canggih yang sangat membantu pekerjaan manusia, kemajuan teknologi saat ini juga memberikan dampak buruk atau negatif.

TELP

Sebagai contoh, manusia menganggap telepon genggam sudah menjadi bagian dari tubuhnya. Bila saat bepergian seseorang tidak membawa telepon genggamnya seperti ada yang hilang dari dirinya. Mereka pasti akan merasa risau dan resah. Atau jika sudah teleponan atau sms-an kadang seseorang sampai lupa untuk makan, mengerjakan tugas, bahkan sampai tidak tidur.

Yang lebih parah lagi kalau sudah online di jejaring sosial seperti facebook atau twitter pasti sudah tidak bisa diganggu karena terlalu asyik tenggelam di dunia maya. Dalam bermain game online juga seperti itu. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa kalau sudah bermain game online pasti lupa waktu. Sampai-sampai beberapa waktu lalu ada kejadian seorang remaja harus dibawa ke Rumah Sakit Jiwa karena sering mengamuk bila dilarang bermain game online.

Wah, kalau sudah seperti ini kita harus waspada terhadap penggunaan teknologi yang berlebihan.

Padahal bila kita memanfaatkan dengan baik, teknologi itu sangat berguna loh buat kita.

TEKNOLOGI

Sebaiknya gunakanlah teknologi dengan bijak dan cerdas. Kita harus tau batasan-batasan kita dalam menggunakan teknologi.

Teknologi itu seperti teman. Perlakukan dengan baik tapi jangan terlalu berlebihan. Dengan begitu dampak negatif dari teknologi seperti kecanduan penggunaan teknologi bisa dihindari.

Jadi, gunakanlah teknologi untuk kegiatan-kegiatan posotif saja. Sekedar untuk mencari hiburan boleh saja asal jangan sampai kecanduan seperti kecanduan narkotika.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s