Kuliah Sambil Berwirausaha Kenapa Tidak?

97821300

Lulusan sebuah perguruan tinggi diharapkan tidak hanya bisa mencari pekerjaan, namun juga bisa menciptakan lapangan kerja.

Di tengah kondisi perekonomian Indonesia yang kurang kondusif seperti sekarang ini, kemunculan para wirausahawan muda yang sukses dan mandiri sangat diharapkan.

Tidak ada jaminan bagi siapapun setelah lulus kuliah akan mendapatkan pekerjaan yang bagus dengan penghasilan yang besar dan jalan yang ditempuh akan semulus dan selancar jalan tol.

Menjadi wirausaha adalah sebuah pilihan. Dan tidak banyak orang yang mengambil pilihan tersebut. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan wirausaha di  Indonesia pada tahun 2013 hanya sekitar 1,56%. Padahal, idealnya sebuah negara bisa berkembang bila jumlah pengusahanya minimal 2%.

Untuk merintis sebuah usaha tidak harus menunggu lulus kuliah, sambil kuliah pun kita dapat menjalankan sebuah usaha. Usaha bisa dimulai dari yang kecil-kecilan seperti usaha kue, gorengan, ATK (alat tulis kantor), atau yang lainnya.

Siapa bilang berwirausaha sambil kuliah itu sulit dan merepotkan?

Sebagian besar orang berpikiran bahwa merintis usaha saat masih duduk di bangku kuliah hanya akan merusak konsentrasi belajar mahasiswa. Pola pikir seperti ini tidak tepat dan harus diubah mulai dari sekarang.

Uang bukanlah modal utama dalam merintis suatu usaha. Menjadi wirausaha tidak semata harus memiliki modal yang besar. Yang terpenting dalam merintis suatu usaha adalah memiliki tekad yang kuat dan mau bekerja keras. Karena, tanpa adanya tekad dan kerja keras, usaha yang dijalankan tidak akan berjalan dengan optimal.

Jenis usaha apakah yang seharusnya dipilih saat merintis menjadi wirausaha?

Suatu usaha (bisnis) bisa dimulai dari hobi. Mereka yang memulai bisnis dari hal yang disukai seperti hobi tentu saja akan lebih menikmati saat menjalankannya. Bisnis yang dimulai dari hobi cenderung lebih bertahan lama. Si pemilik bisnis tidak menganggap pekerjaannya sebagai beban, melainkan sebagai sebuah kegiatan yang ia sukai atau cintai.

DUIIIIT

Jika usaha yang dijalankan bisa berjalan dengan baik, maka tidak diragukan lagi pundi-pundi uang akan mengalir ke kantong mahasiswa yang menjalankannya. Setelah lulus, mereka yang sudah terjun ke dunia usaha tidak akan bingung mau melakukan apa karena sudah memiliki bisnis sendiri. Berbeda, dengan mereka yang hanya kuliah saja. Pasti akan sibuk membuat banyak lamaran pekerjaan, mencari kerja kesana kemari di berbagai macam perusahaan.

Dan biasanya mahasiswa sangat gengsi bila menerima pekerjaan yang penghasilannya tidak sesuai dengan harapan. Dan dari hal kecil seperti itulah lulusan perguruan tinggi saat ini masih banyak yang belum bekerja dan mereka semakin memperparah angka pengangguran di Indonesia.

Jadi, pikirkanlah mulai dari sekarang untuk menjadi wirausaha, karena berwirausaha lebih menjanjikan masa depan yang lebih baik.

AYO, BANGKITKAN SEMANGAT BERWIRAUSAHA DEMI MEMAJUKAN TANAH AIR TERCINTA”  

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s