Pentingnya Ilmu Komputer bagi Mahasiswa Akuntansi

Teknologi Informasi

Pengaruh globalisasi semakin terasa dengan semakin banyaknya saluran informasi dalam berbagai bentuk baik elektronik maupun non elektronik seperti stasiun televisi, surat kabar, majalah, radio, telepon, fax, komputer dan internet yang telah memasuki sendi-sendi kehidupan manusia. Perkembangan teknologi informasi telah membawa dampak dalam kehidupan masyarakat. Sejak ditemukannya komputer pada tahun 1955, peradaban dunia telah memasuki era informasi. Teknologi informasi dengan komputer sebagai motor penggeraknya telah mengubah segalanya. Pemrosesan informasi berbasis komputer mulai dikenal orang dan hingga saat ini sudah banyak software yang dapat digunakan orang sebagai alat pengolah data untuk menghasilkan informasi.

Penggunaan komputer oleh masyarakat umum mungkin hanya sebatas pertukaran informasi dan pemanfaatan dalam batas-batas minimal saja, padahal fungsi dan manfaat dari komputer itu sendiri sangat luas. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mempelajari dan memperdalam ilmu komputer, yakni dengan mengikuti kursus, belajar disekolah, mempelajarinya dari teman, dan juga kuliah di sebuah universitas ataupun perguruan tinggi.

Dalam universitas atau perguruan tinggi bukan hanya mahasiswa dari fakultas ilmu komputer saja yang mempelajari ilmu komputer, tetapi mahasiswa dari fakultas sastra, kedokteran, teknik, bahkan fakultas ekonomipun mempelajarinya. Bagi fakultas ekonomi khususnya jurusan akuntansi penggunaaan komputer itu sangat penting. “Bayangkan saja apa yang akan terjadi apabila mahasiswa dari jurusan akuntansi tidak mempelajari komputer dalam perkuliahannya?” Tak ayal mereka pasti akan gagap teknologi dan tertinggal jauh dengan mahsiswa-mahasiwa lain  dari berbagai jurusan. Manfaat komputer itu sendiri bagi anak akuntansi sangat banyak, antara lain dapat mengerjakan siklus akuntansi mulai dari jurnal, buku besar, neraca lajur, laporan keunagan, sampai neraca saldo penutup secara cepat dan akurat dengan menggunakan komputer berbasis akuntansi.

akuntansi

Bukan hanya komputer akuntansi saja yang dapat dimanfaatkan oleh anak akuntansi, program-program Microsoft Office seperti Ms word, Ms excel, Ms Acces, Ms Power Point dll juga sangat berguna bagi mahasiswa dari jurusan akuntansi, mempelajari ilmu komputer dalam jurusan akuntansi memang tidak sedalam mempelajarinya di fakultas ilmu komputer, akan tetapi hal tersebut tidak menjadi penghalang bagi mahasiswa akuntansi untuk dapat mempelajarinya sama seperti yang diajarkan di fakultas ilmu komputer, bahkan dapat melebihi mahasisawa- mahasiswa dari fakultas ilmu komputer. Bagi mahsiswa akuntansi memang tidak dipaksa untuk mempelajari apa itu software dan bagaimana cara membuatnya, akan tetapi tidak ada salahnya jika mereka mempelajarinya bahkan bisa membuat software-software komputer. Untuk dapat membuat softaware memang tidak mudah, tetapi jika ada kemauan dan kesungguhan mahasiswa akuntansipun dirasa pasti bisa membuatnya.

Dibidang akuntansi sistem pemrosesan informasi akuntansi berbasis komputer banyak ditawarkan dengan tujuan untuk memberikan kemudahan bagi para akuntan untuk menghasilkan informasi yang dapat dipercaya, relevan, tepat waktu, lengkap, dapat dipahami, dan teruji. Dari hal tersebut mahasiswa akuntansi dapat melihat banyak sekali peluang untuk dapat memenuhi kebutuhan perusahaan akan akuntansi berbasis komputer dengan cara membuat software-software akuntansi. Software akuntansi yang dibuat harus dapat memenuhi kebutuhan para penggunanya (dalam hal ini akuntan) sehingga software tersebut dirasakan memang sangat bermanfaat bagi perusahaan, khususnya bagi para akuntan yang menggunakan software tersebut.

interaktif

Apabila mahasiswa akuntansi telah lulus dari sebuah universitas atau perguruan tinggi dengan dibekali berbagai macam ilmu termasuk ilmu komputer, tidak diragukan lagi mereka akan dicari dan diburu oleh perusahaan-perusahaan. Kemampuan anak-anak akuntansi untuk dapat membuat software-software komputer itulah yang akan sangat berguna bagi diri mereka masing-masing maupun bagi perusahaan tempat mereka bekerja. Tak ayal mereka akan sangat dihargai dan dihormati jika mereka dapat menciptakan software-software komputer yang dapat digunakan dalam semua kegiatan di perusahaan, baik dalam input maupun output data perusahaan. Rasa percaya diri yang tinggi pasti akan melekat dalam diri mereka. Para lulusan akuntansi ini tidak hanya dapat menciptakan software untuk perusahaan tempat mereka bekerja, tetapi juga dapat menciptakan software bagi perusahaan lain jika nilai yang diberikan oleh perusahaan tempat mereka bekerja terlalu rendah atau tidak lebih tinggi dari perusahaan lain yang sama-sama membutuhkan software yang mereka ciptakan.

Satu hal yang pasti dengan mempelajari ilmu komputer banyak manfaat yang dapat dipetik salah satunya adalah dalam dunia pendidikan, yakni menghasilkan pendidikan yang lebih baik, menciptakan mahasiswa-mahasiswa berpotensi, dll.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s